mas template

Merenovasi Rumah Ibu Syakirah

Postingan berikut ini, saya akan bahas konsep pengembangan desain rumah yang datang dari klien kami Ibu Ayra Syakirah asal Titidu Kwandang, salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara. Rumah ini terletak di area perumahan dengan luas tanah kisaran 120 m2 diakomodasi 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.
Terbatasnya lahan perumahan yang tersedia sering kali membatasi keinginan dari pemilik rumah untuk memiliki berbagai ruang didalamnya. Kebutuhan akan ruang baru biasanya akan muncul seiring dengan bertambahnya anggota keluarga, meningkatnya perekonomian keluarga dan meningkatnya aktivitas anggota keluarga dalam sebuah hunian sehingga perlu dilakukan pengembang. Untuk pengembangan, pemilik rumah menambahkan beberapa ruang seperti ruang belajar anak/ruang kerja, ruang keluarga yang lebih lega, kamar tidur utama dengan ukuran cukup besar yang juga terdapat pintu akses menuju taman belakang, serta ruangan lainnya seperti dapur, ruang makan dan kamar mandi. Sedangkan untuk bangunan eksisting hanya berupa penataan carport dan penambahan teras depan yang posisinya diatur memanjang. Selain untuk tempat berkumpul santai, teras ini juga cocok digunakan sebagai ruang jamuan untuk tamu. Dari rencana pengembangan, total luas rumah ini bertambah menjadi sekitar 180 m2 yang sebelumnya luas ini hanya sekitar 80 m2.

Konsep Awal

Pada dasarnya pekerjaan renovasi itu mencakup tiga hal yaitu perubahan fungsi, perbaikan dan estetika. Ada beberapa ruang yang beralih fungsi salah satunya adalah dapur lama, beralih menjadi kamar tidur dengan adanya penambahan dapur baru. Selain itu juga ada ruangan lainnya beralih fungsi menjadi ruang santai untuk studio musik. Sedangkan dari segi estetika, karakter simpel dalam gaya rumah minimalis ini tercermin pada bentuk yang digunakan. Desain rumah simpel sebenarnya mencerminkan gaya hidup dinamis, efisien dan juga praktis. Dominasi bentuk cenderung sederhana tanpa permainan detail rumit menampilkan kesan jujur dan polos. Tampilan fasad rumah ini tidak mengalami banyak perubahan, hanya pada konstruksi atap yang dulunya model pelana direnovasi menjadi model limasan dan juga konstruksi atap teras yang dibuat menerus. Selain itu juga atap carport didesain menggunakan besi hollow beratapkan canopy guna memaksimalkan cahaya masuk ke kamar tidur. Penggunaan talang air pun diminimalisir karena mengingat posisi bangun rumah tepat dibatas lahan.

Konsep Fasad

Untuk finishing menggunakan batu alam aksen gelap diserasikan dengan bentukan massa bangunan simpel yang bergaya minimalis. Pemilihan warna cat-pun masih dengan tema putih abu-abu, karena rumah ini terkesan tertutup sehingga membutuhkan warna yang lebih cerah untuk memaksimalkan refleksi cahaya dari warna tersebut. Memaksimalkan cahaya di ruang tamu, saya coba buatkan ventilasi dibagian atas atap teras. Carport dibuatkan pintu gerbang dan diperindah dengan pagar besi untuk mempercantik fasad yang begitu simpel dan juga menawan. Kesemuanya dilakukan sesuai selera sang pemilik rumah.

Untuk waktu pelaksanaan sebaiknya memilih waktu yang tepat saat melakukan renovasi, ada baiknya melakukan perbaikan saat musim kemarau bila memungkinkan. Merenovasi rumah saat musim hujan, bisa menghambat pekerjaan dan menambah biaya yang dikeluarkan.

Demikian ulasan singkat ini, semoga konsep pengembangan dan juga renovasi rumah ini menjadi bagian inspirasi dan membawa manfaat buat semuanya. Semoga pembangunan rumah ini berjalan lancar, diberikan kemudahan rejeki. Terima kasih sudah mempercayakan desain kepada saya insya Allah bernilai ibadah.

Terima kasih atas kunjungannya. Nantikan terus desain terbaru dari kam di setiap bulannya dengan mengikuti like funpage facebook kami ya Gan. Semoga bermanfaat.
Like dan Share! :
Facebook
0 Komentar

0 Komentar:

 
Kreator : Acadstudioqjdr | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi
Admin : Ilyas Huntojungo, S.T
Copyright © 2012. Jasa Desain Rumah - Acadstudiojdr.com
Melayani Jasa Desain Rumah, Seluruh Indonesia. Tim Kreatif Acadstudioqjdr.com Jasa Desain Rumah