mas template
Home » » Pentingnya Rencana Anggaran Biaya

Pentingnya Rencana Anggaran Biaya


Biaya pembangunan atau besarnya biaya yang dibutuhkan dalam mewujudkan sebuah hunian impian memang menjadi salah satu bagian terpenting. Pembangunan ataupun pelaksanaan pekerjaan tanpa melakukan perhitungan biaya sebelumnya akan sangat menyulitkan owner untuk mengontrol biaya yang akan dikeluarkan. Bagi kalangan orang yang memiliki kemampuan financial tidak lagi direpotkan oleh perhitungan rencana anggaran.

Perhitungan Rencana Anggaran Biaya atau yang biasa disebut RAB pada umumnya dihitung berdasarkan jumlah indeks kebutuhan jenis bahan bangunan yang diperlukan dan tingkat produktivitas index tenaga dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituang dalam perhitungan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP). 
"Dalam penyusunan AHSP untuk gedung dan perumahan diatur pada pedoman Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan".

Seperti pekerjaan dinding, begitupun dengan item pada pekerjaan lainnya memiliki nilai indeks bahan dan tenaga yang berbeda. Penetapan indeks pasangan 1 m2 dinding bata merah ukuran (5 x 11 x 22) cm tebal ½ bata, campuran spesi 1 PC : 5 PP yang tercantum dalam Standar Nasional Indonesia adalah sebagai berikut:
Index bahan menunjukkan kebutuhan bahan bangunan untuk setiap satuan jenis pekerjaan. Sedangkan untuk indeks tenaga telah mencakup kebutuhan tenaga dan waktu kerja efektif untuk setiap satuan jenis pekerjaan. Dari index tenaga ini kita dapat melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan tukang dalam menyelesaikan suatu item pekerjaan dengan kondisi cuaca normal.
Nilai index tenaga kerja pada tabel diatas dihitung dalam satuan 1 m2 sehingga dapat disederhanakan dalam pengertian, produktivitas tukang dalam menghasilkan luasan pasangan dinding dalam 1 hari yaitu:
Tukang 1 : 0,10 = 10 m2,
sedangkan untuk menentukan jumlah pekerja adalah,
Pekerja 0,30 x 10 = 3 pekerja
Jadi secara teoritis, 1 orang tukang dengan 3 pekerja seharusnya dapat menyelesaikan pekerjaan pasangan dinding minimal seluas 10 m2/hari. Lebih hemat jika kita menggunakan tukang yang berpengalaman, karena biasanya luasan pasangan yang dihasilkan lebih dari analisa yang diperhitungkan. Dari ketidak-tahuan dalam memahami hal ini maka dibutuhkan pengawasan agar kita dapat mengevaluasi kinerja tukang, karena banyak tukang bangunan "nakal" mengambil keuntungan dalam mengulur waktu untuk menambah durasi pekerjaan.

Dalam mengetahui total biaya secara keseluruhan dibutuhkan perhitungan satuan pekerjaan yang didasarkan pada gambar kerja/teknis dan rencana kerja syarat. Biasanya pada gambar kerja sebuah bangunan menunjukan spesifikasi dari tiap pengerjaan konstruksi yang akan dibangun. Dari tiap item-item pekerjaan yang nantinya akan dikerjakan perhitungan hasilnya berupa total biaya bangunan, sehingga perhitungan tersebut dapat menjadi acuan pada saat proses pengerjaan di lapangan.
Oleh sebab itu gambar kerja juga merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan. Tanpa gambar kerja tentunya akan menyulitkan kita dalam mengetahui dan menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan. Sejauh ini sebagian masyarakat kita masih cenderung menggantungkan semua  pekerjaan pelaksanaan tanpa melalui tahapan perencanaan sebelumnya pada tukang yang bisanya memahami gambar dari satu tampilan saja.
Untuk mengetahui anggaran biaya yang dibutuhkan menggunakan metode pendekatan berdasarkan hitungan biaya per-m2 luas bangunan sebenarnya keliru. Perhitungan pendekatan ini hanya bersifat kasar dan tidak dapat dijadikan satu kesepakatan antara owner dengan kontraktor/pemborong, karena kebutuhan harga bahan tidak terinci dan juga upah tenaga disetiap daerah berbeda.

Pentingnya Rencana Anggaran Biaya sebenarnya sangat membantu kita dalam mengontrol biaya pengeluaran dan juga akan menjadi acuan bagi pemiliki rumah untuk memperkirakan berapa modal yang harus disiapkan untuk menyelesaikan bangunan sebuah rumah. Meskipun tidak akurat tetapi mendekati angka yang telah diprediksi melalui perhitungan Rencana Anggaran Biaya. Jadi dengan adanya Rencana Anggaran Biaya akan membuat Anda bisa lebih hemat dalam mengeluarkan anggaran pembiayaan pembangunan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa dishare yaa Gan!!😅😉
Like dan Share! :
Facebook
0 Komentar
 
Kreator : Acadstudioqjdr | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi
Admin : Ilyas Huntojungo, S.T
Copyright © 2012. Jasa Desain Rumah - Acadstudiojdr.com
Melayani Jasa Desain Rumah, Seluruh Indonesia. Tim Kreatif Acadstudioqjdr.com Jasa Desain Rumah