mas template
Home » » Cat Dinding Baru Cepat Mengelupas?

Cat Dinding Baru Cepat Mengelupas?

Kejadian ini merupakan hal yang sering terjadi pada proses pekerjaan finishing rumah. Kasus ini sendiri sebenarnya terjadi karena kesalahan pada saat pelaksanaan. Kesalahan bisa saja terjadi karena kualitas cat itu sendiri tapi kemungkinan kecil bukan menjadi salah satu faktor penyebab utama. Karena kasus ini sangat sering terjadi tidak heran banyak dari tukang selalu mengambil spekulasi dengan menyalahkan produk cat yang digunakan tanpa mencari tahu apa penyebabnya.
Mengelupasnya cat bisa saja terjadi pada saat kondisi dinding dengan kelembaban yang cukup tinggi. Kelembaban ini bisa saja terjadi pada saat musim hujan dimana kondisi air tanah yang tinggi bisa saja merembes ke pondasi dan naik kepori-pori dinding sehingga selalu basah atau kondisi dinding yang bersebelahan dengan taman. Campuran Agregat semen dan pasir yang kurang pas atau proses pengeringan dinding yang belum cukup umur, sehingga tembok masih mengandung garam alkali yang tinggi. Dengan kondisi seperti ini akan merusak cat dan jika dibiarkan akan menjadi bersarangnya lumut.
 Apabila kondisi tembok sudah cukup baik, Cat tetap saja mengelupas kemungkinan yang lain adalah
  1. Pada umumnya yang sering terjadi pada saat pengecatan ulang, lapisan cat lama yang daya lekatnya kurang ini memudahkan tertariknya atau terkelupas oleh lapisan cat baru yang mutu dan kualitasnya lebih tinggi. 
  2. Penggunaan dempul dengan mutu rendah, sehingga pada saat dicat, dempul tersebut terangkat.
  3. Tidak menggunakan cat dasar.
  4. Permukaan dinding yang mengandung debu, kotoron, atau minyak sehingga berkurang nya daya rekat cat  
  5. Kondisi tembok baru/basah sebelum saat dicat. 
 Maka solusi yang harus dilakukan adalah : 
  1. Memperbaiki sumber kebocoran, agar air tidak merembes ke dinding dengan menambahkan lapisan trasram. 
  2. Mengikis kembali lapisan cat lama sampai terlihat permukaan, kemudian bersihkan dari debu dan kotoran, baru kemudian melapisinya dengan cat dasar, biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna. 
  3. Gunakan cat tembok dengan kualitas daya rekat dan elastisitasnya baik, sehingga daya tahannya lebih lama. Gunakan cat sesuai fungsinya Cat untuk interior atau eksterior.
Mudah-mudahan informasi ini membuat kita menjadi lebih mengerti mengenai beberapa penyebab timbulnya kasus cat mengelupas dan serta solusi untuk mengatasinya.

Sumber : Dulux
Like dan Share! :
Facebook
0 Komentar
 
Kreator : Acadstudioqjdr | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi
Admin : Ilyas Huntojungo, S.T
Copyright © 2012. Jasa Desain Rumah - Acadstudiojdr.com
Melayani Jasa Desain Rumah, Seluruh Indonesia. Tim Kreatif Acadstudioqjdr.com Jasa Desain Rumah