mas template
Home » » Jenis Keramik Dan Penggunaannya

Jenis Keramik Dan Penggunaannya


Keramik merupakan salah satu jenis bahan yang banyak digunakan untuk membuat lantai ataupun dinding. Keramik memiliki kelebihan yaitu memiliki beraneka ragam jenis ukuran maupun motif sehingga banyak pilihan yang menjadi alternatif untuk menentukan jenis yang cocok sesuai dengan kebutuhan.
Jika dilihat dari tipenya, ada dua tipe yaitu keramik dengan lapisan glazur dan unglazur. Keramik dengan tipe glazed sangat mudah ditemukan dipasaran. Tipe ini banyak digunakan untuk lantai dan juga dinding. Sedangkan tipe keramik unglazed memiliki ukuran yang sedikit tebal dan cukup kuat dari keramik biasanya (glazed). Karena bahan ini tidak diberi lapisan, maka pembuatan motif dilakukan di tempat produksi.
Dilihat tingkat kerapatan dan kemampuan menyerap air, keramik dibedakan menjadi 4;
Pertama adalah keramik yang memiliki kemampuan daya serap hingga melebihi dari tujuh persen, biasanya keramik ini digunakan pada ruangan bagian dalam, pengaruh perubahan suhu akan berdampak pada keramik.
Kedua punya kemampuan daya serap berkisar antara tiga sampai tujuh persen dan untuk kualitas tidak jauh berbeda dengan jenis pertama.
ketiga yaitu memiliki kemampuan daya serapnya berkisar antara setengah hingga tiga persen dan jenis ini jangan sekali-kali digunakan pada bagian yang secara langsung kena dengan sinar matahari.
keempat yaitu keramik dengan kemampuan daya serap kurang dari setengah persen, keramik ini aman jika dipakai diluar ruang yang terkena sinar matahari langsung.
Dari proses produksi ada keramik yang dibuat dengan cara dibakar sebanyak dua kali dikenal dengan Keramik Bicottura. Bagian pertama dibakar adalah bagian permukaan bawah dan yang kedua untuk memberi lapisan glazur. Jenis ini cocok untuk menutup bagian dinding. Lalu ada juga jenis Monocottura yaitu dengan satu kali bakar saja baik digunakan untuk menutup lapisan lantai, kualitasnya pun lebih bagus dan tahan lama.
Selain itu jenis keramik ada yang licin dan mengkilat pada bagian permukaannya ini sering dipakai untuk dinding dan lantai yang kondisinya selalu kering. Sedangkan yang tidak mengkilat bagusnya digunakan pada bangunan berkonsep minimalis. Ada yang licin tentunya juga ada keramik memiliki tekstur kasar, biasanya dipakai untuk lantai kamar mandi dan ruang terbuka. Adapun keramik yang permukaannya benar-benar siku jika pada pemasangannya akan terlihat sempurna dan juga terlihat rapi akan tetapi harganyapun lebih mahal.  
Sumber Foto : www.alliafurniture.com
Like dan Share! :
Facebook
0 Komentar
 
Kreator : Acadstudioqjdr | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi
Admin : Ilyas Huntojungo, S.T
Copyright © 2012. Jasa Desain Rumah - Acadstudiojdr.com
Melayani Jasa Desain Rumah, Seluruh Indonesia. Tim Kreatif Acadstudioqjdr.com Jasa Desain Rumah