mas template
Home » » Atap Sering Bocor? Ketahui Penyebabnya!

Atap Sering Bocor? Ketahui Penyebabnya!

Kebocoran pada atap memang sangatlah mengganggu kenyamanan. Apalagi sampai merembes ke bagian plafond rumah yang dalam kurun waktu akan munculnya tanda rembesan air yang nantinya bisa merusak plafond rumah anda. Masalah ini banyak juga dikeluhkan oleh banyak orang dan masalah ini timbul karena pemasangan yang tidak sesuai dengan prosedur dan juga tidak memperhatikan metode pelaksanaan. Pemilihan material dan juga konstruksi atap yang tepat, sangatlah menentukan masalah kebocoran ini tidak akan datang lagi. Hal - hal yang mungkin bisa anda perhatikan saat melakukan pekerjaan atap : 

Kurangi Sambungan Atap
Kebocoran bisa juga ditimbulkan dari sambungan atap, dengan minimalkan pemakaian sambungan antara atap seperti penggunaan nok, jurai. Atau model atap bersusun, karena setiap pertemuan atap berpotensi untuk bocor. Atap dengan model pelana paling efektif ideal untuk mengurangi risiko bocor.

Perhatikan Sudut Kemiringan Atap
Sudut kemiringan yang ideal sekitar 30 derajat – 40 derajat, namun ada beberapa jenis atap yang sudut kemiringannya bisa lebih landai sekitar 25 derajat disesuaikan dengan bangunan. Buatlah atap dengan sudut kemiringan yang tepat, sehingga air cepat jatuh ke tanah.

Memilih Penutup Atap yang Berkualitas
Penutup Ata[ yang kurang bagus dapat menimbulkan kebocoran, pilih penutup atap yang berkualitas sehingga tidak mudah Pecah / gampang berlubang yang menyebabkan air rembes ke bawah. Penutup atap dengan katagori bagus dapat dipasang sempurna tanpa ada celah

Perhatikan Bubungan Nok
Sebaiknya bubungan atap janganlah dipasang terlalu tinggi, karena akan menimbulkan celah-celah yang bisa mengundang air. Proses Pengerjaannya pun harus rapi. Bahan berupa lembaran yang tahan air, lunak dan lentur sehingga tidak retak karena cuaca.

Konstruksi Talang yang Tepat
Talang berfungsi untuk mengarahkan air hujan dari atap jatuh ke bawah. pastikan talang terpasang dengan baik, serta pilih talang dengan ukuran. kekuatan dan pemasangan yang tepat.

Memakai Cat Waterproofing
Waterproofing adalah bahan pelapis yang kedap air sehingga dapat mencegah kebocoran. Penggunaan cat waterproofing pada tiap sambungan dengan benar, agar tidak terjadi retakan. Aplikasi waterproofing bisa dilakukan dengan kuas, roller, atau spray dibuat berlapis. Lapisan dasar berupa waterproofing yang diencerkan dengan air (10%) agar lebih menyatu dengan permukaan yang dilapisinya. Lapisan atas berupa waterproofing tanpa campuran tujuannya dilakukan berulang dengan tetap ulangan arah lapisannya berlawanan agar kedua lapisan saling menganyam.


Semoga bermanfaat.
Like dan Share! :
Facebook
0 Komentar
 
Kreator : Acadstudioqjdr | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi
Admin : Ilyas Huntojungo, S.T
Copyright © 2012. Jasa Desain Rumah - Acadstudiojdr.com
Melayani Jasa Desain Rumah, Seluruh Indonesia. Tim Kreatif Acadstudioqjdr.com Jasa Desain Rumah